Arti Nama Muhammad Rafanda Setiawan

 Jumpa lagi sama Afan, bujang kecilnya ayah Martin dan bunda Marita. Pasti penasaran dong kok aku dikasih nama Muhammad Rafanda Setiawan. Aku aja penasaran kok.

Sebenarnya, bunda udah menyiapkan tiga atau empat nama untukku, tapi saat aku lahir bunda menyerahkan keputusan soal nama ini ke ayah. Awalnya Zhafir sempat dipilih sebagai nama tengahku. Bunda memang ingin anak laki-lakinya memiliki arti kaya, beruntung, menang dan seputaran itu. Waktu cari-cari, bunda nemu kata Zhafran yang punya arti sesuai dengan yang dimaksud bunda. Tapi kok sama kaya nama om ya.. jadi terus cari-cari dapat Zhafir itu. Sampai kemudian menjelang kelahiranku, bunda nemu Rafanda.

Ayah sendiri juga dulunya setuju kalau laki-laki dikasih nama Zhafir, kalau perempuan yang lahir dikasih nama Zhafira. Tapi pas baca Muhammad Rafanda Setiawan katanya lebih pas gitu. Akhirnya ketok palu deh nama itu buat aku. Dipanggil Afan karena Rafa sudah terlalu mainstream, hehe. Bukan ding. Soalnya tetangga sebelah rumah panggilannya Rafa, nggak lucu dong kalau aku juga dipanggil Rafa. Nanti bisa-bisa jadi Rafa 1 dan Rafa 2.


Deg-degan juga menyandang Muhammad dalam namaku. Nama seorang yang bener-bener mulia. Nama yang kata bunda dan ayah harus aku jadikan sebagai panutan, sebagai idola. Bahkan ayah bunda mengajarkan bahwa aku harus mencintai beliau lebih dari aku mencintai duniaku kelak. Allah dan nabi Muhammad adalah dua hal yang harus aku genggam sepanjang hayat. Muhammad, lelaki dengan akhlak terpuji. Ayah bunda menyematkan nama itu sebagai awalan doa untukku. Agar aku tumbuh sebagai lelaki dengan akhlak yang baik. Kelak ketika aku beranjak dewasa dan memiliki niat yang tidak baik, ayah bunda berharap dengan mengingat nama ini, aku tidak akan melanjutkan niat tersebut. Doakan ya semoga aku mampu menjaga nama ini.

Rafanda; kaya, beruntung, meraih kemenangan. Ayah bunda berharap aku tumbuh menjadi seseorang yang kaya, tidak hanya dari segi materi, namun juga kaya iman, kaya empati, dan kaya kasih sayang. Menjadi sosok yang beruntung; orang yang bisa bertumbuh lebih baik tiap harinya. Juga sosok yang selalu meraih kemenangan dalam menaklukan nafsu buruk dan bisa bermanfaat bagi sesama.

Sedangkan untuk nama akhirku diambilkan dari nama ayahku. Sejak dulu memang ayah dan bunda telah sepakat kalau anaknya perempuan, nama akhirnya akan diambilkan dari gabungan nama ayah dan bunda; Setianingtyas. Makanya nama kakakku Mayda Hanifa Setianingtyas. Jika anaknya laki-laki, nama akhirnya diambilkan dari nama akhir ayahku. Meski diambil dari nama ayahku, doa baik tetap mengiringiku agar aku tumbuh menjadi laki-laki yang tidak hanya setia pada pasangan dan keluarganya, namun juga setia menggenggam iman dan islamnya, juga setia pada fitrah kebaikan.

Muhammad Rafanda Setiawan. Sebuah doa untukku agar aku tumbuh menjadi lelaki yang berakhlak baik, kaya dan bermanfaat bagi sesama, menjadi lebih baik setiap harinya dan setia dalam kehidupannya.

Aamiin.. aamiin.. aamiin ya Rabb. Semoga doa-doa ayah bundaku ini diijabah. Semoga aku mampu mewujudkan doa-doa ini.

Comments

Popular posts from this blog

Kenalan Sama Kakakku, Yuk!

Baby Bloggers Meet Up